TOPIK 5 : PENDEKATAN, STRATEGI, METODE, DAN TEKNIK PEMBELAJARAN

 Topik 5 : Aksi Nyata

PERSPEKTIF SOSIOKULTURAL DALAM PENDIDIKAN

PENDEKATAN, STRATEGI, METODE, DAN TEKNIK PEMBELAJARAN SEBAGAI SCAFFOLDING PADA ZPD (ZONE OF PROXIMAL DEVELOPMENT)

Nama : Intan Julita
Kelas   : GK. A
NPM   : 039223340

Pada topic 5 mata kuliah perspektif sosiokultural dalam pendidikan pada alur mulai dari diri yaitu saya menyadari bahwa dalam proses pembelajaran tidak terlepas dari pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran. Sehingga pada proses merancang pembelajaran seorang guru perlu mempertimbangkan pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran yang sesuai kebutuhannya.

Ketika berada dialur eksplorasi konsep hal yang saya pelajari yaitu dalam proses pembelajaran perlu memperhatikan dan mempertimbangkan pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik dari peserta didik dalam lingkungan tersebut. Dalam proses pembelajaran, peserta didik bukan hanya sebagai pelaksana yang dijadikan objek semata namun harus terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran, sehingga secara aktif peserta didik membangun pengetahuan yang dimilikinya dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan karakteristik peserta didik. Dengan demikian guru harus siap jika ditugaskan mengajar dengan memahami pendekatan, srategi, metode dan teknik pembelajaran yang diterapkan sebagai scaffolding pada ZPD.

Kemudian dalam alur ruang kolaborasi hal yang dipelajari lebih lanjut bersama rekan-rekan yaitu mengenai pentingnya pembelajaran yang memperhatikan pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran sebagai scaffolding pada ZPD karena dapat mempengaruhi proses pendidikan dan pengajaran. Selain itu, berdiskusi mengenai kesiapan mengajar dengan memperhatikan pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran yang diterapkan sebagai scaffolding pada ZPD pada peserta didik. Berdasarkan hasil diskusi, saya semakin memahami bahwa hal yang perlu dipersiapkan dalam menerapkan pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran sebagai scaffolding pada ZPD yaitu dengan memperhatikan karakteristik, kebutuhan dan kemampuan dari peserta didik. Hal ini dilakukan agar pemberian sebagai scaffolding pada ZPD sesuai dan tepat dengan kebutuhan peserta didik.

Pada alur demonstrasi kontekstual hal penting yang saya pelajari yaitu dengan berdiskusi kelompok memberikan manfaat dan dampak yang positif, seperti mendapatkan pengetahuan dari berbagai sudut pandang menegnai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran sebagai scaffolding pada ZPD. Hal ini membuka pemikiran yang lebih luas terkait bagaimana merancang pembelajaran yang memperhatikan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran sebagai scaffolding pada ZPD. Selain itu, hal penting yang saya dapatkan dalam topic ini yaitu dalam proses pembelajaran penting untuk memperhatikan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran dengan tujuan supaya mereka dapat mencapai potensi secara maksimal.

Pada alur elaborasi pemahaman saya lebih memahami bahwa pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran sebagai scaffolding pada ZPD menekankan pada guru perlu memahami karakteristik peserta didik dan tingkat kemampuan peserta didik dengan tujuan agar mampu menciptakan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan, sehingga peserta didik dapat mencapai potensi yang maksimal. Guru sebagai orang yang memiliki wawasan luas harus mampu membantu dan memberikan scaffolding kepada seorang anak atau peserta didik untuk dapat menguasai materi dengan mudah dan gembira.

Pada koneksi antar materi terdapat keterkaitan antara topic bahasan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran dengan mata kuliah lain seperti filosofi pendidikan yang berkaitan dengan identitas manusia Indonesia yang terwujud melalui pendidikan yang menerapkan nilai-nilai budaya, yang mana akan terwujud jika pendidikan memperhatikan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran. Kemudian berkaitan dengan pemahaman tentang peserta didik dan pembelajarannya, dimana pada mata kuliah ini mempelajari cara merancang asesmen, dengan memperhatikan keberagaman karakteristik dan kemampuan peserta didik agar dapat memberikan pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran yang sesuai, sehingga peserta didik mampu menyelesaikan asesmen tersebut. Selanjutnya, berkaitan dengan mata kuliah perancang dan pengembangan kurikulum yang berkaitan dengan W.H.E.R.TO dalam UbD. Salah satunya yaitu Organize yang artinya penyusunan kegaitan pembelajaran dilakukan secara runtut dan terstruktur agar proses pembelajaran dapat berjalan optimal. Salah satu cara yang dilakukan yaitu dengan memperhatikan tahapan dari pendekatan, strategi, model, dan teknik pembelajaran. Selain itu, berkaitan dengan mata kuliah prinsip pengajaran dan asesmen yang mana pada mata kuliah ini menekankan pada proses rancangan pembelajaran yang menggunakan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) sebagai scaffolding pada ZPD, sehingga dapat memfasilitasi keberagaman kemampuan dan karakteristik dari masing[1]masing peserta didik.

Manfaat yang saya dapatkan dalam memperlajari topic ini yaitu saya lebih memahami dan menyadari bahwa sebagai guru perlu memperhatikan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran. Sejauh ini kesiapan saya masih berada di skala 8 karena saya masih perlu mempelajari pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran secara mendalam, agar dapat merancang pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik. Hal yang perlu saya persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkan dengan optimal yaitu dengan cara memahami apa yang dimaksud dengan pendekatan, metode. strategi, dan teknik pembelajaran, dan mengetahui jenis-jenis pendekatan, metode. strategi, dan teknik melalui berbagai sumber literatur. Hal ini penting digunakan agar penggunaan pendekatan, metode. strategi, dan teknik pembelajaran dapat sesuai dengan kebutuhan proses pembelajaran. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

TOPIK 1 - AKSI NYATA PERSFEKTIF SOSOKULTURAL DALAM PENDIDIKAN

TOPIK 4 : Zone of Proximal Development (ZPD) pada Pembelajaran

TOPIK 3 PERSPEKTIF SOSIOKULTURAL DALAM PENDIDIKAN