TOPIK 1 - AKSI NYATA PERSFEKTIF SOSOKULTURAL DALAM PENDIDIKAN
TOPIK 1 PENGANTAR PERSPEKTIF SOSIAL, BUDAYA, EKONOMI, DAN POLITIK DALAM PENDIDIKAN INDONESIA
MATA KULIAH PERSPEKTIF SOSIOKULTURAL DALAM PENDIDIKAN INDONESIA
Oleh: Intan Juita (039223340)
Guru Kelas A Mahasiswa PPG UNPAK 2023
Sebelum saya memulai
proses pembelajaran tentang perspektif sosiokultural yang saya pikirkan mengenai
topic ini adalah bagaimana pengaruh perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan
politik dalam pendidikan dan bagaimana model pembelajaran yang diterapkan oleh
guru berdasarkan perbedaan tersebut.
Dalam topic ini saya
mempelajarai bahwa proses pembelajaran di kelas dipengaruhi oleh berbagai
factor yaitu factor sosial, budaya, ekonomi, dan politik. Selain itu pendidikan
yang didapatkan dari zaman dahulu berbeda dengan saat ini. Dengan perbedaan tersebut,
guru diharapkan dapat memiliki metode yang tepat untuk membimbing siswa sesuai
dengan potensi dan kemampuannya.
Dalam
kegiatan ruang kolaborasi saya mempelajari mengenai faktor-faktor yang
mempengaruhi pendidikan di berbagai wilayah Indonesia seperti faktor sosial,
ekonomi, budaya, dan politik. Mengidentifikasi
factor sosial, budaya, ekonomi dan politik yang dapat mempengaruhi proses
pendidikan disetiap daerah. Penerapan
strategi pembelajaran yang disesuaikan dengan keragaman tersebut. dan Manfaat
yang dapat diambil sebagai calon guru dalam mempelajari perspektif sosial,
budaya, ekonomi, dan politik.
Hal penting yang kami
pelajari bahwa kita dapat menemukan dan memecahkan permasalahan sehingga
membantu kami dalam memahami pembelajaran mengenai perspektif sosial, budaya,
ekonomi, dan politik.
Sejauh ini yang saya
memahami relevansi dari teori sosiokultural yang saling berhubungan. Pada topic
ini saya mengetahui teori Vygotsky yang membahas tentang multikulturalisme,
mediasi, dan potensi belajar. Yang awalnya tidak mengetahui menjadi sedikit
mengetahuinya.
Hal yang ingin saya
pelajari lebih lanjut yaitu mengenai bagaimana cara mengoptimalkan konsep multikulturalisme, mediasi, dan potensi belajar dalam
pengembangan potensi diri pendidik agar dapat merencanakan kegiatan
pembelajaran yang sesuai konsep tersebut dan apa strategi yang dapat mendukung
proses pembelajaran yang sesuai konsep tersebut.
Setelah saya menggambarkan koneksi antar materi
perspektif sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam bentuk mindmap saya
mengetahui bahwa materi filosofi pendidikan dan pemahaman peserta didik dalam
pembelajarannya saling berkaitan, saling terhubung, dan saling melengkapi satu
sama lain.
Manfaat dari topic ini yaitu saaya bisa menyiapkan
diri untuk membuat rencana pembelajaran yang berdasarkan pada perbedaan sosial,
budaya, ekonomi dan politik di dalam kelas. Kesiapan saya masih belum optimal
yakni pada skala 8 karena saya hanya baru memahami dan belum menerapkannya pada
pembelajaran di kelas. Yang perlu dipersiapkan yaitu selalu belajar mengikuti
perkembangan yang ada dan memperbanyak referensi bacaan atau video yang
membahas pembelajaran berdasarkan perspektif sosial, budaya, ekonomi dan
politik agar menciptakan pembelajaran yang relevan.
Komentar
Posting Komentar