TOPIK 1 - AKSI NYATA PERSFEKTIF SOSOKULTURAL DALAM PENDIDIKAN

 

TOPIK 1 PENGANTAR PERSPEKTIF SOSIAL, BUDAYA, EKONOMI, DAN POLITIK DALAM PENDIDIKAN INDONESIA

MATA KULIAH PERSPEKTIF SOSIOKULTURAL DALAM PENDIDIKAN INDONESIA

Oleh: Intan Juita (039223340)
Guru Kelas A Mahasiswa PPG UNPAK 2023 

Sebelum saya memulai proses pembelajaran tentang perspektif sosiokultural yang saya pikirkan  mengenai topic ini adalah bagaimana pengaruh perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam pendidikan dan bagaimana model pembelajaran yang diterapkan oleh guru berdasarkan perbedaan tersebut.

Dalam topic ini saya mempelajarai bahwa proses pembelajaran di kelas dipengaruhi oleh berbagai factor yaitu factor sosial, budaya, ekonomi, dan politik. Selain itu pendidikan yang didapatkan dari zaman dahulu berbeda dengan saat ini. Dengan perbedaan tersebut, guru diharapkan dapat memiliki metode yang tepat untuk membimbing siswa sesuai dengan potensi dan kemampuannya.

Dalam kegiatan ruang kolaborasi saya mempelajari mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi pendidikan di berbagai wilayah Indonesia seperti faktor sosial, ekonomi, budaya, dan politik.  Mengidentifikasi factor sosial, budaya, ekonomi dan politik yang dapat mempengaruhi proses pendidikan disetiap daerah. Penerapan strategi pembelajaran yang disesuaikan dengan keragaman tersebut. dan  Manfaat yang dapat diambil sebagai calon guru dalam mempelajari perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik.

Hal penting yang kami pelajari bahwa kita dapat menemukan dan memecahkan permasalahan sehingga membantu kami dalam memahami pembelajaran mengenai perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik.

Sejauh ini yang saya memahami relevansi dari teori sosiokultural yang saling berhubungan. Pada topic ini saya mengetahui teori Vygotsky yang membahas tentang multikulturalisme, mediasi, dan potensi belajar. Yang awalnya tidak mengetahui menjadi sedikit mengetahuinya.

Hal yang ingin saya pelajari lebih lanjut yaitu mengenai bagaimana cara mengoptimalkan konsep multikulturalisme, mediasi, dan potensi belajar dalam pengembangan potensi diri pendidik  agar dapat merencanakan kegiatan pembelajaran yang sesuai konsep tersebut dan apa strategi yang dapat mendukung proses pembelajaran yang sesuai konsep tersebut. 

Setelah saya menggambarkan koneksi antar materi perspektif sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam bentuk mindmap saya mengetahui bahwa materi filosofi pendidikan dan pemahaman peserta didik dalam pembelajarannya saling berkaitan, saling terhubung, dan saling melengkapi satu sama lain.

Manfaat dari topic ini yaitu saaya bisa menyiapkan diri untuk membuat rencana pembelajaran yang berdasarkan pada perbedaan sosial, budaya, ekonomi dan politik di dalam kelas. Kesiapan saya masih belum optimal yakni pada skala 8 karena saya hanya baru memahami dan belum menerapkannya pada pembelajaran di kelas. Yang perlu dipersiapkan yaitu selalu belajar mengikuti perkembangan yang ada dan memperbanyak referensi bacaan atau video yang membahas pembelajaran berdasarkan perspektif sosial, budaya, ekonomi dan politik agar menciptakan pembelajaran yang relevan.

 




Komentar

Postingan populer dari blog ini

TOPIK 4 : Zone of Proximal Development (ZPD) pada Pembelajaran

TOPIK 3 PERSPEKTIF SOSIOKULTURAL DALAM PENDIDIKAN